Header Ads

Tentang Tahun Baru Imlek

Baca Juga


Dunia Online , Tahun Baru Imlek atau yang biasa disebut juga dengan Chinese New Year Merupakan hari yang ditunggu oleh umat tionghua karena ini adalah hari perayaan terpenting orang tionghua.

Perayaan tahun baru imlek ini dimulai pada hari pertama bulan pertama ( Zheng Yue ) atau biasa di tahun baru penanggalan tionghua dan berakhir dengan cap go meh ditanggal kelima belas pada saat bulan purnama.

malam tahun baru imlek biasa juga disebut dengan ( Chuxi ) yang artinya adalah malam pergantian tahun.

Adat dan tradisi perayaan tahun baru imlek ini sangat beragam sekali, namun rata rata semuanya banyak memakai tema perjamuan makan malam pada malam tahun baru imlek ada juga permainan kembang api dan petasan untuk menyambut dimulainya tahun baru imlek.

Tahun baru imlek ini dianggap sebagai hari libur besar orang tionghua dan sampai saat ini juga tahun baru imlek sudah dianggap sebagai libur nasional seluruh dunia.

Didaerah manapun ketika tahun baru imlek ini pasti sangat banyak sekali perayaan perayaan yang dibuat oleh orang tionghua untuk memeriahkan tahun baru imlek ini.

Dan tahun baru imlek ini juga adalah tahun yang ditunggu tunggu dikarenakan tahun baru imlek ini adalah waktu yang tepat untuk berkumpulnya semua anggota keluarga.

Banyak sekali perayaan tahun baru imlek ini dijadikan sebagai ajang silahturami orang tionghua bersama kerabat, sanak saudara dan lainnya.

tahun baru imlek ini paling disenangi oleh anak anak atau remaja karena ditahun baru imlek ini mereka akan menerima baju baru dan segala sesuatu yang baru untuk dikenakan dihari imlek nantinya.

Dan yang ditunggu oleh anak anak ini pastilah adalah Angpao yang akan diberikan saudara saudara dan dari orang tua mereka.

Tahun baru imlek ini sangat menyenangkan sekali karena disertai juga berkumpulnya kerabat dari daerah jauh ataupun kerabat yang sudah lama tidak berjumpa.

Biasanya tahun baru imlek ini akan menyediakan minuman segar dan beraneka ragam jenis kue untuk dijamukan kepada para tamu yang datang.

Dan banyak sekali tradisi tradisi yang dilarang dan diharuskan ditahun baru imlek ini, disini admin akan membahas sedikit tentang apa saja itu.

Hal Yang Diharuskan Dan Dilarang Pada Tahun Baru Imlek :

1. Membersihkan Rumah
Kepercayaan masyarakat tionghua membersihkan rumah sebelum tahun baru imlek adalah membuang segala keburukan atau kesialan yang menghalangi datangnya keberuntungan.

Tradisi membersihkan rumah ini biasa dilakukan orang tionghua sehari atau beberapa hari sebelum hari raya imlek.

Dan karena dipercayai jika membersihkan rumah pada saat hari raya imlek maka akan dapat membuang keberuntungan di tahun tersebut.

2. Dekorasi Atau Menghias Rumah
Tidak hanya membersihkan rumah tapi dekorasi atau menghias rumah juga sangat diperlukan sekali sebelum menjelang imlek, dengan menempelkan kertas yang bertuliskan kata kata bijak dan segala atribut imlek yang sudah banyak sekali di jual dimana mana.

Bnayak juga uang membuat atau mendaur ulang atribut imlek yang unik dan enak dipandang mata dan tentunya juga bewarna merah.

3. Diharuskan Menggunakan Warna Serba Merah
Warna merah di dalam tinghua melambangkan sesuatu yang kuat, sejahtera serta membawa hoki.

Dan warna merah ini jugadipercayai dapat mengusir Nian atau sejenis mahluk buas yang hidup di dasar laut atau gunung yang keluar saat musim semi atau tahun  baru imlek.

Nian dipercayai datang untuk menggangu manusia dan terutama anak kecil maka dari itu dopercayai juga untuk menggenakan pakaian dan mendekor atau menghias rumah dengan atribut serba merah.

4. Tradisi Yu Sheng
Tradisi ini mungkin saat ini sudah banyak yang mengetahuinya ataupun amsih ada yang binggung denga tradisin.

Tradisi Yu Sheng adalah tradisiyang dilakukan untuk menyambut tahun baru imlek yang berhubung dengan hidangan atau perjamuan makan malam di malam pergantian tahun  baru imlek.



Sesuai dengan adat ada jenis menu yang wajib hadir di acara perjamuan makan dan tentunya juga di iringi dengan doa syukur atas rejeki yang diberikan.

Dalam tradisi ini makanan disajikan dalam satu piring Yu Sheng, di piring tersebut ada beberapa makanan dingin seperti irisan ikan salmon, wortel, dan salad lain, lalu diberikan saus wijen, buah plum, dan sebagainya. 

Para anggota yang duduk di meja akan mengaduk makanan tersebut bersama dan mengangkatnya dengan sumpit setinggi tingginya sambil mengucapkan "Lao Qi" atau "Lao Hei"

5. Jangan Membalik Ikan Saat Memakannya
Menyantap ikan mungkin menjadi hal yang biasa saat perayaan, namun berbeda jika dilakukan saat Imlek. 

Dalam tradisi Imlek anda dilarang mengambil daging ikan pada bagian bawah, tidak hanya itu anda juga diharuskan menyisakan ikan yang anda santap untuk dinikmati keesokan harinya. 

Masyarakat Tionghoa percaya kalau kebiasaan ini merupakan lambang dari nilai surplus ( nilai kotor ) untuk tahun yang akan datang.

6. Dilarang Memakan Bubur
Dihari raya imlek banyak sekali yang menyediakan makanan manis manis di rumahnya yang dipercayai membawa keberuntungan dan rejeki yang melimpah ditahun berikutnya.

Seperti kue kranjang dan jeruk merah yang menjadi makakan khas di hari raya imlek, ada juga makanan yang dilarang yaitu bubur.

Bubur menjadi makanan yang pantang dimakan di tahun baru imlek dikarenakan bubur dianggap sebagai lambang kemiskinan.

7. Makanan Khas Dan Diharuskan Ada Di Tahun Baru Imlek
Tidak hanya kue keranjang dan jeruk merah saja yang menjadi makanan khas pada saat imlek, bagi orang tionghua makanan yang harus disajikan pada saat itu minimal terdiri dari 12 macam makanan.

12 jenis makanan ini juga melambangkan 12shio dalam kepercayaan masyarakat tionghua, selain melambangkan shio, masing masing makanan tersebut memiliki arti yang lainnya.

Misalnya ayam utuh yang melambangkan kemakmuran keluarga,  mie panjang melambangkan panjang umur yang cara menyantabnya tidak boleh dipotong, atau kue lapis yang mengartikan rezeki berlapis lapis.

8. Bemain Petasan Dan Kembang Api
petasan dan kembang api memang identik dengan perayaan besar apa saja, seperti pada tahun baru sama juga berlaku pada saat tahun baru imlek.

Tidak hanya untuk memeriahkan perayaan saja tetapi menurut kepercayaan tionghua membakar petasan atau kembang api juga bisa mengusir nasib nasib buruk di tahun sebelumnya dan mengharapkan tahun baru yang bahagia dan lebih baik lagi.

9. Atraksi Naga Atau Barongsai
Dalam kepercayaan orang tionghua naga adalah lambang sebagai kebahagiaan dan kesenangan.

Atraksi barongsai atau naga ini juga merupakan pertunjukan yang membawa keberungtungan serta salah satu cara mengusir roh jahat yang menganggu manusia, maka pertunjukan ini selalu ada ketika tahun baru imlek.

10. Mengunjungi Sanak Saudara, Kerabat Dan Orang yang Sudah Lama Tidak Dikunjungi
Tahun baru imlek ini dimanfaatkan juga sebagai ajang pertemuan silahturami untuk mempererat  tali persaudaraan.

Maka tidak diherankan lagi saat imlek banyak sekali yang pergi mengunjungi kampung halamannya untuk merayakan bersama seluruh anggota keluarga.

11. Tradisi Bagi Bagi Angpao


Tradisi ini adalah tradisi yang tidak asing dan tentunya semua juga sudah tau tentang yang satu ini, dan yang satu ini juga adalah yang paling ditunggu tunggu ketika tahun baru imlek.

Tradisi bagi angpao ini merupakan tradisi orang tionghua yang sudah bekeluarga untuk memberikan rezeki kepada anak anak dan orang tuanya.

Di dalan kepercayaan orang tionghua uang yang diisi didalam angpao untuk dibagikan tidak boleh mengandung angka 4 karena angka 4 dianggap membawa sial ataupun dalam bahasa tionghuannya angka 4 terdengar sebagai kata "mati".

Dan selain itu jumlah uang yang diberikan juga tidak boleh terbilang ganjil karena berhubungan dengan pemakaman atau orang meninggal.

Bagi bagi angpao juga dipercaya makin memperlancar rejeki di kemudian hari, makna tradisi membagikan angpao pada saat imlek ini berkaitan dengan transfer energi dan kesejahteraan yang juga dipercaya memperlancar rejeki di kemudian hari.

Nah tentunya sudah tahu ya tentang tahun baru imlek dan apa saya yang diperbolehkan dan dilarang di tahun baru imlek.

Jadi mari sama sama kita bagikan artikel ini atau beritahukan kepada orang tua kita, tentang hal yang dilarang dan diperbolehkan di tahun baru imlek.

Dan disini admin akan memeberikan satu hal lagi yang wajib ada di tahun baru imlek, yaitu membuka dan mendengarkan lagu lagu imlek terbaru ataupun yang ada, karena dengan adanya lagu imlek dipercaya akan membawa suasana kegembiraan dan suka cita bagi semua pendegarnya.

Oke sampai disini dulu tentang tahun baru imlek ini dan tidak lupa lagi admin ucapkan selamat tahun baru imlek untuk semua yang merayakan Gong Xi Fa Cai , Hua Se Ru Ji....

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh i-bob. Diberdayakan oleh Blogger.