Header Ads

10 Tempat Wisata Yang Harus Dikunjungi Ketika Tahun Baru Imlek Di Indonesia

Baca Juga



Dunia Online , Tahun Baru Imlek sebentar lagi, tentunya semuanya sudah membuat persiapan yang sangat tepat sekali seperti segala sesuatu perlengkapan imlek dan tidak lupa tentunya tempat wisata yang akan dikunjungi di tahun baru imlek.

Ada banyak sekali tempat wisata yang sangat menarik sekali ketika menjelang dan perayaan tahun baru imlek, disini kami akan membahas beberapa tempat yang harus dikunjungi ketika tahun baru imlek .
Mungkin banyak sekali dari kita semua disini sudah mempunyai rencana berlibur ditahun baru imlek ini, seperti banyak sekali yang ingin pulang ke kampung halaman tercinta dan berkumpul bersama keluarga.
 
Mungkin diantara kita ada juga yang tidak memiliki kampung halaman yang menarik ketika imlek, jangan khawatir disini kami akan merekomendasikan daerah yang menarik dan bisa dijadikan tempat wisata yang sangat bagus ketika tahun baru imlek.

Berikut 10 Tempat Wisata Yang Harus Dikunjungi Ketika Tahun Baru Imlek

1. SelatPanjang Kabupaten Meranti Festival Perang Air Cian Cui

Selatpanjang adalah ibu kota Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, Kota Selatpanjang juga merupakan Ibukota Kecamatan Tebing Tinggi, kota ini terletak di bagian pesisir utara Pulau Tebing tinggi.

Kota Selatpanjang juga berjulukan sebagai Kota Sagu karena daerah ini termasuk salah satu Kawasan Pengembangan Ketahanan Pangan Nasional, karena penghasil sagu terbesar di Indonesia.

Dan ketika di tahun baru imlek, selatpanjang menjadi salah satu tempat wisata yang sangat menarik sekali dan sangat banyak dikunjungi dan juga termasuk warga asing yang bukan berasal dari kota selatpanjang.

Festival Perang Air atau saat ini yang disebut dengan Cian Cui di kota selatpanjang adalah perayaan acara tahun baru imlek yang sangat menarik sekali dan banyak menarik minat dari warga asing untuk datang mengunjungi tempat ini.

Perang air atau Cian Cui ini dilaksanakan selama 6hari berturut turut, banyak masyarakat yang berkumpul dipinggiran jalan di sekitar rumahnya ataupun di depan rumah untuk mengikuti perang air ini, tidak ada kategori usia ataupun etnis yang ada di acara ini karena semua kalangan pasti turut serta dalan acara perang air cian cui ini.

Festival Perang Air Atau Cian Cui ini sama seperti acara di Thailand sana yang dijuluki Songkran atau festival di hari besar thailand dan permainannya juga kurang lebih sangat sama sekali yaitu perang air.

Perang air ini juga sangat banyak sekali mengunakan atribut yang unik dan senjata senjata air yang digunakan seperti pistol air, ember, gayung, plastik air, dan wadah air lainnya, dan banyak juga warga yang menyediakan tampungan stok air di pinggir jalan sebagai tempat pengisian peluru atau disebut markas air.

Ditambah dengan masih banyaknya kendaraan becak sepeda yang semakin membuat suasana dikota selatpanjang ini menjadi sangat menarik sekali ketika diadakannya perang air cian cui ini.

Jadi gak perlu ragu lagi ya guys jika kalian semua ingin coba mengunjugi kota ini, tapi ada hal yang harus diingat sebelum datang ke kota ini, kalian harus memesan tiket kapal ataupun hotel 2 atau 1 bulan sebelum keberangkatan , dikarenakan pada tahun baru imlek kota ini menjadi kota yang sangat ramai sekali karena banyaknya anak rantauan yang pulang untuk mengunjungi orang tua dan berkumpul bersama dengan keluarga.

2. Kabupaten Bengkalis Festival Pawai Keliling Kota

Kabupaten Bengkalis adalah salah satu kabupaten di Provinsi Riau, Indonesia. Wilayahnya mencakup daratan bagian timur Pulau Sumatera dan wilayah kepulauan.

Ibu kota kabupaten ini berada di Bengkalis tepatnya berada di Pulau Bengkalis yang terpisah dari Pulau Sumatera. Pulau Bengkalis sendiri berada tepat di muara Sungai Siak, sehingga dikatakan bahwa Pulau Bengkalis adalah delta sungai Siak. Kota terbesar di kabupaten ini adalah kota Duri di kecamatan Mandau.

Dan ketika tahun baru imlek bengkalis juga menjadi salah satu daerah yang harus dikunjungi karena banyaknya acara acara warga tionghua di sepanjang kota bengkalis.

Ketika suasana imlek dimulai bengkalis akan ramai sekali dikunjungi sanak saudara ataupun warga yang merantau untuk pulang bertemu dengan orang tua dan berkumpul bersama keluarga.

Pada hari pertama tahun baru Imlek, warga Bengkalis warga Tionghua masih fokus dengan ritual sembahyang memanjatkan doa doa kepada sang dewa. Selain di rumah, ritual sembahyang juga dilakukan di kelenteng yang terletak di jalan Yos Sudarso oleh sebagian besar warga Bengkalis warga Tionghua.

Dilanjutkan di hari selanjutnya di bengkalis banyak sekali acara yang dilakukan warga salah satunya berkunjung ke rumah saudara ataupun teman teman dan berkumpul bersama

Ketika tahun baru imlek di bengkalis acara selanjutnya pada malam hari juga banyak sekali panggung hiburan yang mendatangkan artis lokal maupun artis dari negri negri luar seperti malaysia, singapore dan taiwan untuk menghibur warga warga yang ada di bengkalis pada tahun baru imlek.

Acara hari ke enam atau cue lak adalah acara yang paling ditunggu dikota bengkalis Selain diisi dengan ritual sembahyang, peringatan hari ulang tahun Dewa Ching Cui Choo She ini juga diiringi dengan arak arakan keliling Kota Bengkalis atau pawai keliling kota untuk melakukan penyembahan kepoada dewa dewa sampai dengan menjelang siang.

Dan disetiap rumah ataupun toko yang dilewati para pengikut pawai, si tuan rumah atau toko pasti akan menyalakan petasan ataupun kembang api ketika pawai lewat di depannya dan ini menjadi tradisi yang sudah dilakukan dari dulu dan menambahkan suasana semakin meriah dan menarik.

Dan setelah acara pawai selesai hampir seluruh warga yang ada di bengkalis akan mengunjungi pantai selat baru dan berkumpul bersama disana untuk menutup acara terakhir dikota bengkalis.

Yuk buat ingin berkunjung ke kota bengkalis jangan ragu lagi karena dibengkalis adalah satu daerah yang sangat menarik sekali dikunjungi ketika tahun baru imlek, bengkalis juga mempunyai pemandangan yang bagus, udara yang sangat sejuk dan segar sekali.

3. Singkawang Festival Cap Go Meh

Singkawang sebagai salah satu pusat permukiman Tionghoa di Indonesia selalu ramai saat perayaan Imlek.

Dihari pertama imlek dan seterusnya memang tidak begitu banyak acara yangh diadakan di singkawang, acara yang ada dihari biasa kebanyakan hanya sekedar berkunjung dan berkumpul bersama.

Tetapi ketika Cap Go Meh tiba, kota ini bakal penuh dengan pernak pernik berwarna merah khas Imlek. Bahkan serangkaian acara Imlek di kota ini dikenal sebagai pesta perayaan Tahun Baru Cina terbesar di Asia Tenggara.

Di singkawang juga bisa menikmati acara parade kendaraan hias saat siang dan indahnya ribuan lampion yang dipasang di sepanjang jalan dan akan sangat indah ketika malam hari.

Saat Cap Go Meh, banyak sekali pertunjukan yang diadakan untuk mengisi liburan warga yang ada dikota tersebut seperti pertunjukan Tatung serta Barongsai.

Ritual tatung ini sangat menarik sekali karena disini kamu bisa melihat orang kesurupan dewa dewi yang dipercaya penganut Konghucu. Bahkan warga asli Dayak juga ikut serta dalam pertunjukan itu lantaran ritual tersebut mirip dengan yang mereka punya.

4. Medan Gebyar Imlek Fair

Komunitas Tionghoa di Medan sangat berkembang, tidak heran kalau perayaan Imlek di sini sangat meriah. Kemeriahan ini bisa dilihat dalam Gebyar Imlek Fair yang diadain tiap tahun di sini.

Jejak Tiongkok di Medan bisa ditelusuri di Desa Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan. Kamu bisa berburu benda benda peninggalan pemukim pertama Tionghoa di sini, dari pecahan keramik hinga koin koin kuno.

Enggak cuma itu, ada satu hal yang enggak boleh dilewatkan kalau liburan Imlek ke Medan: kue bakul. Kue yang terbuat dari tepung pulut dan gula ini melambangkan keakraban dan keharmonisan menurut tradisi Tionghoa. Jadi, kalau kamu ke sini bareng pacar, bisa makan kue ini sama sama biar hubungan kalian harmonis.

5. Jakarta Kelenteng Jin De Yuan

Kalau kamu tinggal di Jakarta, enggak usah pergi jauh jauh deh buat merayakan Imlek. Di daerah Petak Sembilan, Glodok, suasana Imlek dibuat meriah dengan kehadiran lampion dan kue kue khas Tiongkok.

Kelenteng Jin De Yuan alias Kim Tek Le yang legendaris juga layak dikunjungi. Kelenteng tertuta di Jakarta ini punya bangunan yang namanya sangar: Raja Neraka. Tapi arti nama kelenteng ini bikin adem: kebajikan hati.

6. Pelembang Pesta Lampion

Ayo pesta lampion di Palembang, di kawasan Pecinan Dempo, selalu ada Festival Imlek tiap tahun dan acaranya banyak, mulai dari pertunjukan lampion sampai atraksi barongsai.

Kelenteng Dewi Kwan Im di Kelurahan 10 Ulu biasanya penuh dengan hiasan dan pernak pernik lampion saat malam hari. Kelurahan ini juga terkenal dengan makanan empek empeknya yang sangat enak sekali.

Lihat saja di kota kota lain, banyak penjual empek empek yang pakai nama “10 Ulu”, meski enggak tahu juga penjualnya dari kelurahan ini atau enggak.

Ketika di siang hari, jalan jalanlah ke Pulau Kemaro yang pasti ramai ketika liburan Imlek. Warga Tionghua ke Pulau Kemaro untuk berdoa. Salah satunya untuk meminta jodoh.

7. Semarang kelenteng di Pecinan


Perayaan Tahun Baru Imlek di Semarang sangat meriah karena kawasan Pecinan di ibu kota Jawa Tengah itu sangat hidup, sedikitnya ada sepuluh kelenteng di Pecinan Semarang, yang tertua bernama Tay Kak Sie, sedangkan yang terbesar namanya Wie Wie Kong.

Selain itu, ada Pasar Imlek Semawis yang ikut memeriahkan perayaan Imlek selama sekitar seminggu, yang menarik adalah pertunjukan permainan toya dan wushu khas biksu Shaolin, kamu bisa melihat langsung atraksi beladiri khas Tiongkok ini, enggak hanya nonton di film film kungfu.

Yang masih punya waktu luang, bisa mampir ke gedung Lawang Sewu, gedung horor ini terkenal sebagai obyek wisata uji nyali karena banyaknya cerita misteri di sana, dari penampakan Noni Belanda sampai suara jeritan menyayat hati, kalau lagi galau gara gara habis diputusin, mending enggak usah, daripada hatinya tambah tersayat.

8. Solo Festival Grebeg Sudiro

Setelah reformasi 1998, komunitas Tionghoa mulai berani keluar untuk merayakan tradisinya, seperti merayakan Imlek dalam Grebeg Sudiro dan Festival Imlek.

Grebeg Sudiro yang dilaksanakan warga Pecinan di Sudiroprajan mengadopsi perayaan grebeg gunungan Kasunanan Surakarta.

Puncak Grebeg Sudiro adalah rebutan hasil bumi dan makanan, sama seperti Grebeg Suro yang diselenggarakan Kasunanan, dalam tradisi Jawa, rebutan makanan ini mengandung makna “orang yang enggak berusaha enggak akan bisa hidup berkecukupan”. Dalem banget buat orang yang maunya enak saja tanpa mau berusaha.

Di Solo, kamu juga bisa sekalian menikmati kuliner dari timlo sampai nasi liwet, ada satu makanan nonhalal yang layak kamu coba, yaitu sate babi buntel di kawasan Tambak Segaran. Satenya legit dan bikin nagih.

8. Bandung Kirab Budaya

 
Di Bandung, ada kirab budaya Tionghoa buat menyambut tahun baru Imlek, pusat perayaan Imlek di Bandung ada di kawasan Cibadak dan Kecamatan Andir, tidak hanya warga Bandung, masyarakat di sekitar kota ini juga kerap datang meramaikan kirab budaya ini.
Selain melaksanakan ritual tahun baru Imlek, kamu juga bisa berwisata, dari wisata sejarah sampai kuliner, apalagi banyak taman baru yang dibangun pemerintah setempat di antaranya Taman Jomblo, yang layak dikunjungi kalau kamu lagi cari soulmate.

10. Surabaya Kelenteng Hong Tiek Hian

Siapa yang tidak tahu dengan Kelenteng Hong Tiek Hian ?, Kelenteng tertua di Surabaya ini adalah tempat ibadah umat Konghucu, Tao, dan Buddha Tri Dharma dan disini memnjadi tempat perayaan Imlek di Kota Pahlawan terpusat di kelenteng ini.
 
Tidak hanya kelenteng, mal mal besar di Surabaya juga selalu ramai dengan aktivitas khusus menyambut tahun baru Imlek,dan banyak sekali yang datang untuk ritual tahun baru imlek dan langsung menikmati wisata kuliner.

Kunjungi saja Kya Kya Kembang Jepun, disini adalah surganya kuliner kota Surabaya, saat akan merevitalisasi kawasan Pecinan ini, pemerintah Surabaya bahkan sampai studi banding ke Chinatown Singapura untuk membuat satu daerah yang hampir mirip dengan chinatown di negara sana.
 
Diatas adalah Tempat Wisata Tahun Baru Imlek Yang Harus Dikunjungi ketika tahun baru imlek yang akan datang saat ini dan kami sudah merangkumnya secara singkat dan gampang untuk dimengerti.
 
Jadi tunggu apalagi guys buat yang gak ada kegiatan atau gak tau pengen kemana langsung saja kunjungi daerah daerah yang baru admin bagikan diatas karena tempat yang admin bagikan adalah tempat yang pastinya sangat menarik sekali.
 
Oke sampai disini dulu tempat wisata yang menarik di tahun baru imlek ini dan tidak lupa lagi admin ucapkan selamat tahun baru imlek untuk semua yang merayakan Gong Xi Fa Cai , Hua Se Ru Ji....

Tidak ada komentar

Gambar tema oleh i-bob. Diberdayakan oleh Blogger.